WELCOME

Jangan buat Indonesia sebagai negara konsumtif. Namun,  jadikan Indonesia memiliki peran penting dalam  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

(Anies Baswedan, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Indonesia, Desember 2014)

kang herry

EdTech Indo merupakan online community platform pada bidang EdTech (Education & Technology) pertama di Indonesia yang didirikan pada Maret 2014. Selain itu EdTech Indo juga movement dalam bidang EdTechPreneurship alias entrepreneurship pada sektor EdTech. Kami mempopulerkannya dengan istilah: Startup EdTech (Anda bisa mengetahui potensi data base Startup EdTech Indonesia di sini).

Dari komponen ekosistem startup yang terdiri atas beberapa stakeholder yaitu media, incubator, co-working space, festival/contest, venture capital, angel investor, dan community; EdTech Indo untuk sementara menempatkan diri sebagai community, media, sekaligus sebagai organizer event-event EdTech.

Namun, karena ekosistem Startup EdTech di Indonesia masih terbilang rapuh, kami secara inklusif merangkul para Educator baik itu yang berprofesi sebagai Guru, Dosen, Trainer, Mentor, dan profesi sejenis untuk terlibat dalam komunitas EdTech Indo.

Selain itu EdTech Indo juga menggandeng para Entrepreneur baik itu yang masih berupa Startup hingga yang sudah menjelma Enterprise untuk berpartisipasi mengkader para wirausahawan baru.

Terkahir, EdTech Indo pun menggalang para praktisi teknologi baik itu Programmer, Developer, Desainer, dan sederet profesi terkait teknologi lainnya untuk berkolaborasi dalam gerakan Entrepreneurship di bidang EdTech ini.

Karena dari analisis EdTech Indo bahwa dalam perkembangan konsepsi dan substansi teknologi web-internet kaitannya dengan dunia pendidikan, Indonesia masih sedang dalam fase transisi dari Era School 1.0 (The Age of Authority) menuju Era School 2.0 (The Age of Engagement); ketika negara-negara maju di Amerika Serikat dan Eropa sedang bersiap-siap menuju Era School 4.0. yang konon melibatkan pengguna informasi dari kalangan pendidik (educator), wirausahawan (entrepreneur), dan pakar teknologi (technologist) untuk mendefenisikan ulang konsep sekolah.

Ini artinya jika ekosistem EdTech Indonesia berhasrat menjadi produsen setidaknya di negeri sendiri, tentunya memerlukan akselerasi dengan kolaborasi strategis antara stake holder startup yang sudah tersebut di atas.
Itulah alasan EdTech Indo hadir untuk mengawal transformasi perkembangan EdTech di Republik ini.

“500 EdTech Startup 2030”

“Enabling. Accelerating. Promoting. Connecting. Educating. Empowering”

Making a Difference

EdTech Indo berupaya untuk melakukan transformasi perkembangan EdTech pada sisi paradigma belajar (learning paradigm), pola pikir (mindset), budaya (culture), dan praktek penerapan EdTech (practices) di Indonesia yang berklimaks dengan terciptanya sebuah peluang entrepreneurship di bidang EdTech.

Untuk itu, EdTech Indo terbuka untuk berkolaborasi dengan semua kalangan dalam mewujudkan program-program berikut:

ID EdTech Talk:

Meetup rutin bulanan yang membahas EdTech secara pedagogis, psikologis, bisnis, dan tentu saja teknis.

Indonesia EdTech Week:

Konferensi tahunan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang membahas trend EdTech di tahun tersebut. EdTech sebagai komoditi juga tercermin pada event selain konferensi, yaitu:

  • Pameran
  • Seminar
  • Workshop
  • Kompetisi

STEAM Girl & Kids Festival:

Festival tahunan dengan konsep pesta rakyat yang mempertemukan para perempuan khususnya remaja yang memiliki minat dalam bidang STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Math).

 

Rangkaian kegiatannya mulai dari pameran produk, seminar, workshop, kompetisi, yang memiliki relevansi dengan bidang STEAM. Pada festival ini juga mempertemukan anak-anak Indonesia yang memiliki minat tinggi dalam bidang STEAM.

EdTech For All (EFA):

Program edukasi tentang penggunaan produk dan layanan EdTech di daerah-daerah yang tergolong 3T (Terpencil, Terpencar, Terluar) di Indonesia.

ID EdTech Award:

Sebuah penghargaan bagi para insan yang berpengaruh serta berkontribusi dalam bidang EdTech di Indonesia sekaligus kompetisi Startup EdTech.

Kakatu 1 thumb

Contact Us

Terlepas Anda adalah seorang Educator, Entrepreneur, dan/atau Technologist, bahkan siapapun yang mengunjungi website kami, Anda memiliki peran menjadi bagian dari komunitas perubahan ini.

Oleh karena itu, kami senang sekali memperoleh ide, umpan balik, dan pertanyaan agar komunitas EdTech Indo menjadi lebih baik setiap saatnya baik itu melalui Twitter maupun Google+

Anda juga bisa menghubungi kami dengan mengisi formulir berikut ini:

Nama (required)

Email (required)

Subject

Pesan