Google Launchpad merupakan program akselerator yang ditujukan bagi startup yang sudah memiliki aplikasi mobile di negara India, Brasil, dan Indonesia.

Setelah berhasil dengan penyelenggaraan Google Launchpad angkatan pertama Januari 2016, pada Rabu (11/5) pekan silam Google mengumumkan 24 startup dari empat negara (dengan penambahan negara Meksiko) yang akan berpartisipasi pada angkatan kedua.

Enam startup di antaranya berasal dari Indonesia, sementara RuangGuru adalah satu-satunya startup edtech yang terpilih.

Baca Juga: BulletinBoard dan Kakatu Tampil di Program Sarah Sechan

RuangGuru-Google-Thumb
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • LinkedIn

EdTech Indo segera menghubungi Muhammad Iman Usman (Co-Founder dan CEO RuangGuru) untuk melakukan wawancara singkat seputar terpilihnya RuangGuru. Berikut hasil petikan wawancaranya:

Apa ekspektasi RuangGuru mengikuti Google Launchpad angkatan kedua ini?

Harapannya bisa jadi kesempatan buat kita belajar dari “best in the class” dari berbagai aspek, khususnya di bidang produk dan teknologi, yang memang masih menjadi salah satu tantangan utama kita.

Produk teknologi pendidikan itu unik dan juga tidak mudah membuatnya. Selama ini kita sulit juga belajar di sini (baca: Indonesia), karena memang tidak banyak yang dapat dijadikan acuan. Jadi, harapannya dengan kita “belajar” nanti, bisa memperbaiki berbagai aspek.

Bagaimana kisah singkat Ruangguru bisa terpilih di Google Launchpad angkatan kedua ini?

Hmm… not sure exactly how. Tapi, one of our investors informed us about the opportunity and we thought why not trying out? Ya udah apply, then dikabarin karena kepilih.

Siapa saja dari perwakilan Ruangguru yang akan berangkat ke program Google Launchpad?

The plan is my Chief Technology Officer, Lead Mobile, and I.

Program Google Launchpad ini sendiri akan berlangsung selama dua minggu mulai tanggal 13 Juni 2016 berupa bootcamp di kantor pusat Google di Mountain View, Amerika Serikat. Pada angkatan pertama, startup edtech asal Indonesia yang terpilih yaitu HarukaEdu dan Kakatu.

Untuk mengetahui lebih lanjut, siapa saja startup asal Indonesia yang terpilih dalam program Google Launchpad baik itu angkatan pertama dan terbaru yang kedua, bisa berkunjung di sini.

Selamat belajar dengan tim Google, Ruangguru!